Monday, 30 May 2016

Cara Membuat Font (TTF) Dengan CorelDraw X7

Hai Selamat sore semuanya…. Jumpa lagi dengan saya di “Maudyblog” kali ini kita akan mensharing sedikit mengenai tentang Cara Membuat Font (TTF) Dengan CorelDraw X7. Sebenarnya proses dan caranya hampir-hampir sama dengan versi Corel X6 ataupun dengan Versi keatasnya yaitu X8.

Ok kita lanjut gan !!
1. Pertama anda buka aplikasi corelnya dan buat dokumen baru
2. Kemuadian Layout >> Page Setup.

Gambar : 1
Sebaiknya disini gunakan saja resolusi standard dengan ukuran standar. Pada Page Size gunakan Letter yang perlu di perhatikan Resolusi sebaiknya gunakan resolusi tinggi saya menggunakan 300 dpi. Seperti di sesuaikan saja. Klik ok jika sudah sesuai.




3. Kemudian masih di Layout Klik Insert Page.
Gambar : Insert Page


Gambar : Page Size
Sampai disini bisa kita lihat perubahan yang terjadi pada page peper corel yang menampilkan jumlah halaman kerja yang kita buat tadi.
Gambar :

Gambar : Jumlah Laman

Sebaiknya disini kita menampilkan grid yaitu garis mili yang dapat membantu untuk menyesuiankan ukuran. Yaitu dengan cara View >> Grid>>Document Grid.

Gambar :


Saran :
Sebaiknya gunakan show ruller  juga dengan men-drag ruller ke kiri dan ke kanan untuk menentukan posisi yang lebih mudah saat mendesign. Sebenarnaya ini tidak berpengaruh namun hanya saja untuk memudahkan.

4. Kemudia gambarlah satu huruf terserah anda secara bebas, disini saya menggunakan tool  rectangle.
Gambar :

Setelah selesai di gambar sesuai secara kreasi dan seperti yang dinginkan. Sebaiknya gamabar font tersebut haruslah sesuai lembar kerja jagan kebesaran ataupun kekecilan. Nanti ukuran font yang standar akan menjadi standar ukuran font yang kita buat. Dan sebelum fontnya di konvert menjadi sebuah object yang utuh satu di sesuaikan dulu.

5. Selanjutnya satu object yang telah kita design, Klik salah satu bagian object kemudian klik shift (tahan) di kaybord, klik bagian object lain hingga terseleksi semua.

6. Ini bagian terpenting saat menyeleksi object. Jika tidak terseleksi atau salah terseleksi maka garis tidak akan berubah menjadi object dan tidak dapat di export nantinya.

7. Pada menubar pilihlah object shaping >> Weld sperti :

Gambar :

Sampai disini anda telah berhasil membuat satu object berbentuk hruf “ A”
8. Selanjutnya export dengan menu file >> export :

Gambar :

9. Saat keluar kotak dialog option buat nama terserah anda.

Gambar :


10. Sava changes to font file klik yes dan kemudian keluar kotak dialog
11. Aturlah posisi yang pas di setiap bentuk font yang anda buat. Dan klik ok.
12. Ulangi langkah yang sperti yang diatas untuk setiap langkah pembuatn font dan begitu juga untuk semua simbol-simbol yang ada.


Nah mungkin itu saja gan yang dapat saya sampaikan mungkin ada kekurangan atau mungkin kesilapan dari saya, di coret saja dibawah ini gan.. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.





0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
loading...

 
Design by NewWpThemes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com | BTheme.net