Monday, 9 May 2016

Mengarungi Samudera Ikhlas

Maudyblogs.ga

Ikhlas adalah suatu sifat dan sikap memfitrahkan (memurnikan) niat, motivasi dan keyakinan serta melapangkan diri terhadap segala 'amr (perintah), nahyi (larangan) dan musibah (ujian) dari Allah SWT. Samudera ikhlas bertahta dalam hatidan kekuasaannya terletak dalam nurani. Hati yang ikhlas tidak akan mengharapkan sesuatu dan berbagai hal kecuali kepada Allah dan selalu memotivasinya guna menggapai kedekatannya pada Al-Haqq 'Azza wa jalla.

Dengan menjadikan ikhlas sebagai prinsip hidup, Insya Allah setiap kita akan mampu menjalani dan mengatasi segala tantangan kehidupan ini (mulai masalah ekonomi, sosial atau bahkan politik, dengan cakrawala positif dan kreatif. Tidak ada lagi rasa dengki, hasut, munafik, tamak dan sebagainya, yang merupakan penyakit-penyakit jiwa yang selalu merongrong kelapangan dan kebahagiaan hidup ini.

Persoalannya adalah bagaimana kita mampu meraih dan sekaligus mengamalkan kemilau mutiara-mutiara ikhlas di kedalaman samudera hati kita demi kebahagiaan hidup kota sendiri.
Mengarungi samudera ikhlas, memberikan uraian panjang lebar, detil, mudah dicerna dan sangat aplikatif tentang samudra ikhlas. Mulai dari hakikat ikhlas yang porsional dan rasional, cara-cara efektif meraih ikhlas hingga mengantisipasi penyebab-penyebab merusaknya mutu keikhlasan hati anda.
Insya Allah tulisan ini yang sama sekali tidak mengajarkan pemahaman ikhlas dengan cara hidup selalu pasrah, jumarud dan nrimo buta ini akan menghantarkan anda menjadi pribadi yang mulia secara spiritual dan sekaligus terhormat secara sosial.

Rachmat Ramadhana Al-Banjari *

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
loading...
loading...

 
Design by NewWpThemes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com | BTheme.net