Thursday, 2 June 2016

Cara Membuat Define Pattern Pada Photoshop

Maudyblogs - Define Pattern merupakan bagian dari background pada photoshop yang dapat membuat object menjadi lebih menarik, dalam hal ini biasanya digunakan dalam pembuatan digital images yang mampu merubah bagian tertentu pada object yang di inginkan dan perpatuan dalam pembuatan object tertentu disini kita hanya mencoba merubah bagian terkecil saja dalam pembuatan Define Pattern dan caranya sangat mudah dan gampang di lakukan yaitu sebagai berikut :

1. Buka dulu aplikasi photoshop anda dan masukan images yang ingin di jadikan pattern. Disini saya mencoba dengan gambar sketsa seperti gambar di bawah ini.

Gambar : Sketsa

2. Jika sudah ada gambar yang cocok maka selanjutnya Klik  Edit > Define Pattern dan tentukan nama pattern nya dan Klik OK seperti gambar :

Gambar : Name pattern

Nah… selanjutnya bagaimana kita bias melihat patternnya sudah masuk apa belum sekarang kita lanjutkan dengan step berikunya.

3. Selanjutnya kita masukan lagi sebuah gambar yang akan kita ubah backgroudnya, sebaiknya disini kita masukan gambar yang ada warna jangan yang transparan atau bening/white. Jika gambarnya merupakan jenis image default harus di sesuaikan lagi backgroundnya dengan merge down. Itu kita bahas pada pertemuan selanjutnya. Disini kita coba saja dengan images kompleks. Di kasus ini saya mencoba dengan sketsa warna coklat. Seperti gambar :

Gambar : Background Change

4. Selanjutnya pada Icon Bar klik Icon Pattern dan Klik Pattern Stamp Tool.

Gambar : Pattern Stamp Tool

5. Kemudian pada bagian tool bar atas Klik pada Open Picker Pattern seperti gambar di bawah ini dan arahkan pointer mouse pada gambar yang kita masukan tadi dengan doble klik pada icon tersebut.

Gambar : Open Picker


6. Klik kanan pada Layer kemudian ubahlah Size menjadi 75 px dan Hardness 100 % seperti gambar.

Gambar : Size

7. Kemudian selanjutnya arahkan pada layer sambil di Klik dan tahan sehingga menjadi seperti gambar :

Gambar : Hasil Akhir


8. Itulah hasil akhir dari pembuatan define pattern dengan photoshop, bagaimana keren bukan dan gampang cara pembuatanya.

Sebenarnya sampai disini sudah selesai cara pembuatan dengan triks tersbut jika ingin hasilnya yang lebih maksimal maka perlu skil khusus dalam perancangan dan perpaduan antar images, yang perlu  di ingat dalam bermain photoshop adalah kreasi sendiri bagaimana teknik tersebut yang kita gunakan semakin mudah. Nah mungkin itu saja gan yang dapat saya sampaikan pada pertemuan kali ini mungkin ada kekurangan atau kesilapan silahkan di coret saja pada kolom komentar di bawah ini. Terima Kasih atas kunjunganyan semoga bermanfaat.

sumber : metode pengajaran

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
loading...

 
Design by NewWpThemes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com | BTheme.net