Wednesday, 8 June 2016

Cara Meng-Aktifkan Xampp MYSQL di CMD (Command Prompt)

Apa kabar semuanya semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat semua. Kali ini kita akan berbagi sedikit tentang cara mengaktifkan xampp mysql dari CMD (Command Prompt). Langsung saja kita coba dengan membuka xampp di computer anda. Setelah terbuka maka aktifkan dulu xampp nya dengan meng-Klik tombol Start pada menu action Apache dan MySQL sehingga tembol merubah menjadi Stop dan pada lebel Apache dan MySQL berlebel kolom hijau seperti gambar :

Setelah tombolnya aktif agan bisa dengan menimalis aplikasinya dengan klik icon minimalis atau dengan meng klik tombol X atau exit jangan khawatir xampp anda tidak akan berhenti asalkan jangan quit ini baru akan menghentikan system xampp anda.

1. Nah sekarang kita lanjut ke pokok bahasan kita.. setelah semua tampak seperti gambar di atas maka sekarang Klik kanan pada menu Start jika menggunakan windows 8.0 dan disini penulis menggunakan windows 10.


Dan jika yang menggunakan system kebawahnya bisa di coba juga dengan cara demikian biasanya cara kerja system windows semuanya sama. Jika tidak bias maka bisa dengan cara Ketik “Run” di menu search setelah terbuka maka bisa dengan mengetikan “CMD” (Tanpa Kutip) OK. Maka akan keluar tampilan seperti gambar :



Itu artinya anda sudah berhasil membuka command Prompt. Nah sekarang lanjut step.

2. Selanjutnya kerikan “ cd c:/xampp/mysql/bin “ (Tanpa Kutip) dan tekan enter. Kemudian berubah menjadi seperti ini.


3. Setelah mucul demikian maka ketikan lagi “ mysql –u root –p “ (Tanpa Kutip) dan Enter. Maka mucul permintaan “ password “ ketikan password-nya dan jika merasa tidak ada password maka di enter saja sehingga keluar seperti tampilan :


Selamat Mysql anda telah terbuka.
Sampai disini anda telah selesai membuka mysql dari CMD yang sering di sebut dengan layar hitam Commanp Prompt dan layaknya MySQL di Server-Server besar. Sebagai percobaan maka ketikan “ show databases; “ (Tanpa Kutip) dan akhiri dengan titik koma (;) begitu juga jika ingin keluar cukup dengan mengetikan “exit” jangan lupa titik koma.

Nah.. mungkin itu saja gan yang dapat penulis sampaikan cara membuka xampp di layar Commanp Prompt atau layar hitam. Dan mungkin pada kesempatan lain akan kita bahas sedikit cara menggunakan input database nya. Semoga . Terima Kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat. Jika mungkin ada kesalahan atau tambahan bisa di tambah di kolom coret di bawah gan.



0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
loading...

 
Design by NewWpThemes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com | BTheme.net