Saturday, 11 June 2016

Google Play Store dan Cara Menggunakannya

Hai.. Sahabat semua !! Jumpa lagi dengan dengan saya "Maudyblogs" Terima Kasih Anda telah kesasar di blogs ini. Pada kesempatan ini penulis ingin berbagi tentang cara penggunaan play store dari google. Play Store merupakan toko aplikasi resmi di android baik yang berjenis free atau premium. Begitu banyak aplikasi yang disediakan secara gratis di halaman ini.

ilustrasi images
Mungkin saat pertama kali kita menggunakan layanan ini dari pihak android akan meminta registrasi atau diminta login kedalam account email sebaiknya disini gunakankanlah email google (Gmail). Mengapa saya katakan menggunakan gmail, mengapa tidak dengan Ymail ataupun Outlook.mail !! Itu karena dalam penggunaan Android itu sebenarnya adalah kita mencoba mengakses account google jadi sudah seharusnya menggunakan email google. Sekalipun menggunakan email yang lain, tentu nanti ujung-ujungnya kita akan diminta verifikasi account gmail juga seperti saat melakukan singkronisasi data contact, images, drive dan lainnya jika menggunakan account email yang lain tentunya hal ini tidak dapat di lakukankan. Kecuali hanya sebatas menggunakan smartphone untuk telepon dan sms saja atau sekedar akses untuk hiburan saja itu tidak masalah.

1. Interface (AntarMuka)
Setelah berhasil masuk kedalam play store maka kita di hadapkan dengan antarmuka yang finecial yang begitu menarik yang dapat memudah pengguna dalam menemukan dan melihat aplikasi-aplikasi yang hendak di install atau sekedar melihat-lihat saja bahkan yang lebih menarik lagi tersedianya video play penggunaan aplikasi serta dilengkapi dengan fasilitas search bar yang juga didukung voice search sehingga memudahkan penggunanya yang awan sekalipun dalam menemukan aplikasi handalannya.


Menu Bar
Dapat di akses dengan mengetuk sudut kiri bagian atas pada google play. Dengan tersedianya menu bar ini dapat dengan mudah sang user untuk dapat berpindah selection pada bagian menu aplikasi di play store. Pada bagian menu bar ini tersedia beragam pilihan menu diantaranya seperti :


Apps & Games
Apps & Games disini merupakan halaman akses pertama dari saat aplikasi dibuka atau bisa dikatakan sebagai halaman utama google play. Di bagian menu ini tersedia berbagai pilihan aplikasi menarik dan games-games handalan anda. Semua ada disini baik itu yang berlisensi gratis ataupun berbayar. Yang pastinya play store ini selalu menawarkan pilihan untuk pengguna yang free alias gratis. Jika anda ingin aplikasi yang berbayar atau games berbayar bisa saja memilih keyword yang premium atau pro. Dalam penggunaan aplikasi android sebaiknya gunakanlah aplikasi yang berjenis premium menang sich akan menguras kantong tatapi aplikasi jenis premium ini sangat ringan digunakan dan juga powerfull.


My Apps & Games
Di bagian menu ini kita akan melihat semua aplikasi yang terpasang (install) pada drive room android kita (HandPhone). Baik itu game ataupun aplikasi settingan lainnya seperti facebook, twitter, instagram dan aplikasi lainnya. Bahkan pada menu ini juga tersedia pilihan untuk mencopot pemasangan (uninstall) dengan cara mengklik aplikasi kemudian copot pemasangan (uninstall). Disamping itu menu ini juga memberlakukan akan menampilkan semua data aplikasi atau games yang sudah pernah kita install atau kita cari sebelumnya dengan mengklik bagian sudut "All" maka akan di tampilkan semua aplikasi yang sudah kita pasang dan kita copot lagi di tahun lalu. Google selalu menyimpan data yang sudah kita akses sebelum-sebelumnya. Dan yang menarik di menu ini ialah sistem selalu memberi tahukan user dimana aplikasi sudah up to date atau harus di update dengan cara meng-klik tombol notifikasi "Update All" maka sistem akan mengatur dengan sendirinya. Keren bukan !!


Entertainment
Dengan meng-klik pilihan menu ini maka kita akan diarahkan oleh google play ke alam bawah sadar yaitu dunia hiburan ala google. Disini kita akan menemukan jenis hiburan yang berkelas premium dan free. Kebanyakan pilihan di bagian ini adalah berbayar semua. Baik itu sekedar mencari pustaka buku atau jenis trailernya. Tetapi jangan khawatir jika kantong menipis google juga menyediakan entertainment yang free alias gratis. Di bagian menu ini juga menyediakan berbagai sub menu dan kategory.


Movies
Pada bagian menu movies ini kita akan menemukan dunia hiburan yang serba ada baik untuk melihat full movies atau cuplikan trailernya. Yang tentunya google memberikan fasilitas kategory juga untuk pilihan jenis movies yang akan di tonton seperti sinema, laga, animasi dan jenis movies lainnya. Di samping itu pada fitur ini juga tersedia menu My Movies yang nantinya setiap movies yang sudah kita download akan masuk secara otomatis kedalam bagian menu my movies ini. Disini kebanyakan menyediakan movies yang berkelas premium dan sedikit sekali yang free tetapi itu semua bisa teratasi dengan jenis keyword yang kita masukan saat pencarian.


Books
Sesuai dengan judul menu. Saat kita mencoba akses kebagian menu ini maka kita akan di arahkan kedalam perpustakaan google. Kita akan menemukan buku-buku atau ebook yang berlisensi internasional disini. Hampir seluruh buku yang ada didunia ada dalam perpustakaan ini. Baik itu buku yang berkelas rendah ataupun yang berkelas tinggi. Mungkin ada di antara kita yang kebingungan mencari skripsi, thesis atau disertasi bisa dicarikan disini barangkali ada mereka yang murah hati ingin berbagi bersama kita. Dan banyak lagi buku-buku lain yang di pajang secara gratis dalam menu ini. Saat ada buku atau ebook yang cocok menurut kita, tinggal unduh saja (download) dan nantinya akan mudah kita dapatkan disub menu My Books kita sendiri pada play store.


Newsstand
Stand khusus untuk menu Newsstand ini yaitu tempat dimana kita bisa selalu update informasi berita dari berbagai belahan dunia. Google selalu menyediakan informasi berita terbaru dalam berupaya menyajikan informasi beragam pilihan seperti informasi berita tentang ekonomi, sosial, politik, olah raga, kesehatan dan berita unggulan lainnya. Jika memang ada yang menari unduh saja informasinya ke dalam genggaman anda yang nantinya juga akan tersimpan secara otomatis kedalam sub My Newsstand di menu play store android kita.


Mungkin sampai disini kita sudah begitu banyak aplikasi, hiburan, games dan movies yang sudah kita dapatkan dengan cara yang begitu mudah baik itu yang berbayar atau sekedar percobaan dengan free lisense. Tetapi google masih saja memberikan fasilitas lain untuk kita bisa berlama-lama di play store ini. Menu lain yang bisa kita gunakan lagi disini seperti menu :

Account
Menu account ini beda dengan menu account yang pertama saat akses play store. Menu ini merupakan subcripts dari menu account dimana kita melakukan pengolahan keuangan kita dari google yaitu dimana kita menjual belikan barang, baik itu dari pemasukan atau pengeluaran. Disini terbagi menjadi 4 tindakan yang kita lakukan yaitu :


- Payment Methods
- Subscriptions
- Rewards
- Order History


Redeem
Rendeem ini merupakan digit code yang diberikan oleh google play dan biasanya disini penggunaannya untuk jual beli misalnya saat pembelian di mobilepulsa menyertakan digit code yang tertera dibelakangnya atau sekedar membayar tagihan listrik anda.


Wishlist

Setting
Menu ini merupakan bagian dari pengaturan play store dimana kita dapat mengatur bahagian-bahagian tertentu saat penggunaan google play store diantaranya :


- General : Dimana kita dapat mengatur pilihan seperti penggunaan Auto Update Apps dapat dengan menggunakan kuota data mobile atau dengan menggunakan Wi-Fi saja atau mungkin ingin menggunakan keseluruhan keduannya untuk memperbaharui apps atau games. Di samping itu bagian fitur ini juga memberikan pilihan Add Icon to Home Screem yang maksudnya menampilkan icon di layar home screem mobile, sebaiknya disini berilah cantag. Clear Local to History dengan meng-klik pada bagian menu ini maka sistem play store akan mengahapus membersihkan semua data keyword yang terdapat di search bar play store kita yang sudah pernah kita masukan untuk pencarian.

-Notifications : Di bagian notifications ini kita dapat mengatur berbagai pemberitahuan tentang aplikasi misalnya seperti App Updates Availabel kita bisa memberikan canteg untuk mendapatkan pemberitahuan. Apps Wire - Auto Updated begitu juga menerima pemberitahuan apabila aplikasi membutuhkan update.

- User Controls : Di user control ini merupakan controler yang dilakukan google untuk mengontrol user dalam melakukan aktifitasnya di google play store. Seperti Use Itineraries from Gmail dengan memberikan cantag maka google akan selalu mendeteksi gmail anda. Dan lagi Parental Controls bisa dengan meng-aktifkan atau men-offkan. Require Authentication for purchases bisa dengan memberikan waktu jeda selama 30 menit atu dengan Never dan bisa dengan ketentuan pilihan kita.

- About : Disini merupakan bagian informasi untuk melihat hak cipta atau lisense dari google play store atau untuk melihat versi play store kita. Di ketuk pada Build Version untuk melihat versi update ato tersedianya update play store.

Mungkin itu saja yang dapat penulis sampaikan pada pertemuan kali ini. Terima Kasih telah berkunjung. Jika ada pertanyaan bisa langsung di coret di kolom komentar atau melalui contact penulis. Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat.

1 comment:

  1. جوجل بلاي ستور 2018 الاصدار الاخير
    تنزيل متجر play اندوريد الشهير من افضل المتاجر تنزيل متجر play لتحميل كل ما يلزم هواتف الاندريد

    ReplyDelete

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
loading...
loading...

 
Design by NewWpThemes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com | BTheme.net