Sunday, 10 July 2016

Membuat Disclaimer Untuk Situs Website/Blog

Maudyblogs

Disclaimer yaitu penolakan penyangkalan kata yang sama yaitu rejection, refusal, denial, repudiation, renunciation. Pengertian secara mendasar disclaimer itu sendiri seperti yang di ungkapkan "Graham J.H.Smith " dalam bukunya yang berjudul "Internet Law and Regulation " Website disclaimer biasanya menyatakan bahwa yang terkandung dalam suatu website adalah hanya sebagai informasi dan gambaran umum.

Bahwa yang terkandung dalam website tersebut tidak di tujukan sebagai suatu website profesional dan bahwa pembaca dapat meminta nasehat secara profesional dari pihak yang lain yang lebih kompeten sesuai dengan permasalahan yang di hadapi dan bahwa pemilik website tidak bertanggung jawab atas kerugian yang di alami oleh pembaca website tersebut.

Pada dasarnya disclaimer ini bertujuan untuk melindungi sang pemilik website atau situs website pemberi informasi. Para pembacanya secara otomatis menerima syarat dan ketentuan tersebut setiap kali mengunjungi website atau blog tersebut. Namun pernyataan tersebut tidak begitu saja melepas tanggung jawab seperti ungkapan dalam buku hukum internet tersebut.

“Disclaimer tidak otomatis melepaskan tanggung jawab hukum seseorang. Jaksa juga akan melihat profil dari seorang tersangka, terutama untuk mengetahui apakah yang bersangkutan mempunyai catatan kejahatan. Pada prinsipnya, sah-sah saja menempatkan semacam barrier (disclaimer) di sebuah sistem elektronik, tapi orang yang bersangkutan tetap wajib untuk mengawasi/ mengatur lalu lintas informasi.”

Terkait dengan pencantuman disclaimer ini bergantung pada bidang apa dan apakah diatur dalam peraturan perundang-undangan yang ada terkait dengan bidang tersebut. Mengenai legal disclaimer untuk situs tidak ada pengaturannya di dalam UU No.11 Tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik.(Hukum Online).

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
loading...
loading...

 
Design by NewWpThemes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com | BTheme.net