Monday, 23 January 2017

Planet - Tata Surya



Sampai sekarang orang mengenal sembilan planet, yaitu : Markurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Pluto. Kesembilan planet ini berdar mengililingi matahari. Planet Markurius, Venus, Mars, Jupiter dan Sartunus telah di ketahui oleh astronom purba. Uranus (1781), Neptunus (1846) dan Pluto (1930) merupakan planet yang di temukan sesudah adanya teropong.

Massa planet ada yang lebih kecil dan ada yang lebih besar dari pada massa bumi. Yang terkecil adalah planet Markurius (0,05 massa bumi) dan yang terbesar adalah planet jupiter (318 massa bumi).

Tabel :

Planet yang dapat kita lihat tanpa teropong hanyalah Markurius, Venus, Mars, Jupiter dan Sartunus. Tanpa teropong bintang, planet-planet itu tampak seperti piring bercahaya, Sedangkan bintang tampak seperti titik cahaya saja.

Berdasarkan letak asteroid, sembilan planet ini terbagi 2 kelompok, yaitu plenet dalam dan planet luar. Planet dalam meliputi Markurius, Venus, Bumi dan Mars. Planet luar meliputi meliputi Jupiter, Sartunus, Uranus, Neptunus dan Pluto.

Salah satu perbedaan planet dengan bintang adalah dalam kaitannya dengan cahaya. Planet tidak menghasilkan cahaya. Planet tampak bercahaya karena cahaya matahari yang di pantulkannya. Sebaliknya bintang menghasilkan cahaya sendiri. Kita bisa melihat planet jika cahaya matahari yang di pantulkannya sampai kepada kita.

Garis eder planet mengililingi matahari di sebut orbit. Setiap.planet mempunyai bidang edar. Bidanf edar sembilan plenet hampir bermirimpitan satu sama lian. Bidang edar bumi disebut ekliptika. Arah peredaran planet berlawanan dengan arah jarum jam. Peredaran planet mengelilingi matahari disebut revolusi. Waktu yang di perlukan planet untuk menyelesaikan satu revolusi disebut kala revolusi. Kala revolusi bumi lamanya satu tahun.

Selain beredar mengelilingi matahari, planet juga berputar pada sumbunya. Perputaran planet pada sumbunya disebut rotasi. Waktu yang di perlukan planet untuk sekali rotasi disebut kala rotasi. Kala rotasi planet berbeda-beda. Kala rotasi bumi lamanya kurang lebih 24 jam. Kala rotasi yang paling lama adalah kala rotasi planet Venus (249 hari) dan yang paling cepat adalah jupiter (9,9 jam).

Perputaran planet pada sumbunya menyebabkan setiap tempat di planet mengalami pergantian siang dan malam. Bagian planet yang sedang mendapatkan cahaya matahari mengalami siang. Bagian planet yang tidak mendapatkan cahaya matahari mengalami malam. Kebanyakan planet berputar pada sumbunya searah dengan arah putaran bumi, tetapi venus berputar ke arah yang berlawanan.

Di bandingkan dengan bumi, planet Markurius dan Venus lebih dekat ke Matahari. Suhu kedua planet itu pada siang hari sangatlah tinggi. Oleh karena suhunya tinggi, Markurius hampir tidak mempunyai atmosfer. Permukaannya di penuhi kawah sehingga lebih menyerupai bulan. Sebaliknya, Venus berselubung atmosfer yang tebal sehingga merintangi pandangan kita ke permukaannya.

Vunus tampak sangat mengkilap karena berselubung awam putih yang tebal dan jelas terlihat dari bumi. Planet ini sering disebut bintang pagi dan bintang senja. Karena terlihat saat matahari terbit dan matahari terbenam. Atmosfer di sekeliling Venus kebanyakan terdiri atas gas karbondioksida. Suhu di venus pada siang hari mencapai 500°C.

Kecuali bumi, Mars merupakan satu-satunya planet yang mungkin mempunyai kehidupan. Pada tahun 1976, ilmuan amerika serikat mengirim  dua buah wahana antariksa tak berawak kepermukaan Mars yang dinamai Viking. Lalu mendaratkan kapsul di atas planet itu. Kedua pesawat tersebut memungut tanah dari permukaan Mars, kemudian melakukan bermacam-macam tes. Dari hasil yang dibawakan ke bumi memperlihatkan bahwa tanah mars seolah-olah berisi jasad serba hidup.

Di seberang mars terdapat planet berukuran raksasa, yaitu Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus. Lebih jauh lagi terdapat planet Pluto. Jupiter adalah planet terbesar. Volumenya 1300 kali volume bumi. Jupiter tampak cemerlang dilihat dengan mata telanjang karena ukurannya besar dab awannya memantulkan sinar matahari dengan kuat.

Saturnus merupakan planet terbesar nomor dua dalam tata surya. Garis tengah planet ini adalah 120.000 kilometer. Angkasanya banyak mengandung gas dan hidrogen  dengan sabuk awan yang memantulkan sinar matahari dengan baik.

Uranus dan neptunus merupakan planet kembar. Dalam banyak hal kedua planet ini mempunyai kesamaan. Garis tengahnya kira-kira empat kali garis tengah bumi. Keduanya terselubung kabut tebal yang sebagian besar mengandung gas metan.

Pluto merupakan planet terkecil, dengan jari-jari terbesar 1120 kilometer. Jarak rata-rata pluto dari matahari paling besar dibandingkan dengan jarak antara matahari dengan planet lainnya. Lintasan edar pluto agak aneh dan menyilang lintasan planet neptunus. Akibatnya, pluto kadang-kadang mengembara di sebelah dalam lintasan orbit Neptunus.

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
loading...

 
Design by NewWpThemes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com | BTheme.net