Wednesday, 25 January 2017

Satelit - Tata Surya

Satelit adalah benda langit yang berputar mengitari planet. Satelit bersama-sama planet beredar mengililingi matahari. Dengan demikian, satelit termasuk anggota tata surya. Arah peredaran satelit sama dengan planetnya. Bidang edarnya hampir berhimpit dengan bidang edar planet.

Di dalam tata surya ada 32 satelit. Bumi mempunyai sebuah satelit yaitu bulan. Diantara 32 satelit dalam tata surya hanya 6 buah yang berukuran sama atau lebih besar dari pada bulan. Jupiter mempunyai satelit yang paling banyak, jumlahnya 12 buah. Saturnus memiliki 10 satelit terakhir di temukan 1966. Uranus memiliki 5 satelit, sedangkan mars dan neptunus masing-masing mempunyai 2 satelit. Belum di ketahui apakah planet-planet lain mempunyai satelit atau tidak. Satelit yang di ketahui mempunyai angkasa adalah Titan dan Ganymeda. Titan merupakan satelit terbesar yang dimiki Sartunus, sedangkan Ganymeda merupakan satelit Jupiter yang terbesar.

Di ruang angkasa, ada juga satelit buatan manusia yang beredar mengitari bumi. Satelit buatan di luncurkan orang untuk berbagai tujuan. Sebagian yang di pakai untuk penyelidikan ilmian dan sebagian lagi untuk mencatat dan mengirimkan kembali informasi mengenai keadaan cuaca.

Komet
Komet adalah benda langit yang  matahari dengan orbit yang berbentuk sangat lonjong. Benda ini terdiri dari debu, es dan gas yang membeku. Komet yang menyala dan membentuk ekor gas bercahaya ketika melintas dekat Matahari. Walaupun komet secara teratur melintas dekat matahari, namun mereka menghabiskan sebagian besar waktunya diantara lintasan planet luar.

Ekor komet selalu mengarah menjauhi matahari. Bila komet mendekati matahari, ekor komet berada di belakang dan ketika menjauhi matahari ekor komet berada di depan. Oleh karena memiliki semacam ekor, komet sering di sebut bintang berekor. Yang menyebabkan ekor komet yang selalu menjauhi matahari adalah tekanan sorot cahaya matahari yang mendorong partikel-partikel terkecil selalu ke arah yang berlawanan dari arah matahari.

Komet dapat menghilang dalam jangka waktu tertentu, tetapi kebanyakan komet sewaktu-waktu muncul kembali. Ada komet yang kelihatan dari bumi setiap 3 atau 4 tahun. Keluarga komet jupiter muncul setiap 5 sampai 10 tahun. Komet berkala pendek mempunyai lintasan yang seluruhnya terletak dalam tata surya kita. Komet berkala pendek yang paling terkenal ialah komet halley yang muncul setiap 76 tahun sekali. Komet ini terakir muncul pada tahun 1986 dan akan muncul lagi pada tahun 2062.

Komet yang berkala panjang mengembara di luar pluto dan sangat jarang di lihat. Komet Kohoutek yang mencapai jarak 120 juta kilometer dari bumi tersebut adalah satu komet berkala panjang. Ada pula komet yang hanya muncul sekali, kemudian hancur atau tidak kembali lagi. Jika bumi melewati komet yang hancur, maka terlihat banyak meteor yang berjatuhan.

Sampai sekarang ini para ahli astronomi telah berhasil menemukan kurang lebih 1000 komet. Diduga masih terdapat ratusan ribu komet di dalam kawasan tata surya yang masih belum kelihatan.

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
loading...
loading...

 
Design by NewWpThemes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com | BTheme.net