Thursday, 30 November 2017

Susunan Lapisan Matahari




Mahari terdiri dari gas yang berkepadatannya berbeda. Itulah sebabnya, matahari dapat digambarkan seperti berlapis-lapis, meskipun tidak mempunyai batas yang jelas. Lapisan matahari terdiri dari lapisan radiatif, fotosfer, kromosfer dan korona.

Lapisan radiatif berada di bagian dalam matahari, suhunya sekitar 15.000.000 °C. Dalam lapisan radiaktif terdapat inti matahari yang menjadi tempat berlangsungnya reaksi fusi. Inti matahari merupakan sebuah tengku nuklir yang sangat panas. Disana atom-atom kehilanham elektronnya sehingga yang tersisa hanyalah proton dan neutron. Aliran konveksi membawa hidrogen(bahan bakar matahari) menuju tungku dan mengeluarkan helium. Dengan demikian, bagian dalam matahari merupakan pusat timbulnya energi matahari.

Lapisan fotosfer adalah lapisan permukaan matahari yang bercahaya putih dan menyilaukan dengan suhu sekitar 6.000°C. Lapisan fotosfer merupakan bagian matahari yang dapat kita lihat. Lapisan itu merupakan bola cahaya yang disebut cakram matahari. Fotosfer merupakan lapisan dengan ketebalan sekitar 320 km.

Atmosfer matahari terdiri dari dua lapisan. Lapisan dalam disebut kromosfer dan lapisan luar disebut korona. Lapisan kromosfer menjulang sejauh 12.000 km di atas permukaan matahari. Sinar yang dipancarkannya berwarna merah lemah. Warna merah berasal dari gas hidrogen. Suhu dibagian bawah kromosfer kurang dari 5.000°C atau lebih rendah daripada suhu fotosfer.
Biasanya kita tidak dapat melihat kromosfer dan korona dari bumi karena terhalang oleh efek atmosfer bumi serta cahaya yang menyilaukan dari fotosfer. Kesempatan terbaik untuk melihat kromosfer ialah ketika terjadi gerhana matahari total. Ketika itu lapisan fotosfer yang menyilaukan mata tertutup oleh bulan. Kadang-kadang kromosfer juga tertutup oleh bulan sehingga yang tampak hanya korona.

Lapisan korona ialah lapisan atmosfer matahari bagian luar. Disebut korona karena terlihat jelas seperti mahkota pada saat terjadi gerhana matahari total. Korona membentuk lingkaran putih keabu-abuan yang indah yang mengelilingi matahari dan menyorotkan pita cahaya yang panjangnya berjuta-juta kilometer kearah ruang angkasa. Untuk mengamati korona, kita tidak perlu menunggu gerhana matahari. Kita bisa melihat korona melalui sebuah teleskop khusus yang disebut koronagraf. Alat ini dapat menghasilkan gerhana matahari buatan.

Aktivitas Matahari
Aktivitas yang terjadi pada matahari dapat berupa gumpalan fotosfer, noda matahari, flare, dan lidah api.

1. Gumpalan Fotosfer(granulasi fotosfer)
Gumpalam fotosfer merupakan semburan api yang menggumpal, kadang-sangat sangat besar dan bergelora sehingga terlihat dari bumi. Peristiwa ini mengakibatkan energi yang di terima bumi menjadi bertambah sehingga dapat menimbulkan gangguan cuaca.

Melalui teleskop, gumpalan fotosfer tampak seperti butiran-butiran padi yang caerah. Diameter sebuah butiran berukuran sekitar 1.600 km. Para ahli astronomi beranggapan bahwa gumpalan itu merupakan gumpalan gas yang berasal dari lapisan radiaktif. Oleh karena sangat panas, gumpalan ini bergerak secara hebat dan terus menerus ke fotosfer.

2. Noda Matahari (sunspot)
Noda matahari merupakan bintik-bintik gelap pada permukaan matahari. Bintik-bintik gelap ini sesungguhnya bagian fotosfer yang bersuhu rendah. Suhu bagian fotosfer bisa rendah karena energi yang di terima dari lapisan radiaktif terhambat. Energi yang di terima oleh bumi juga menjadi berkurang sehingga dapat mengakibatkan musim dingin yang luar biasa.

Luas noda matahari dapat melebihi luas permukaan bumi. Lebar suatu noda mungkin puluhan ribu kilometer dan dapat bertahan beberapa sampai beberapa bulan. Noda matahari timbul, kemudian menghilang dalam suatu daur tertentu yang disebut daur noda matahari. Lamanya rata-rata 11 tahun.

3. Flare (kantar)
Flare merupakan letupan cahaya terang berupa penyemburan partikel-partikel bermuatan listrik dari permukaan matahari. Aliran-aliran partikel, seperti proton dan elektron disebut angin matahari. Angin matahari dapat mengganggu komunikasi radio bumi.

Meskipun partikel disembur dengan begitu dahsyat, banyak diantara partikel-partikel yang tidak.mencapai bumi dan terperangkat di atmosfer bumi. Partikel-partikel yang terperangkat oleh medan magnet bumi menjadi bagian dari Sabuk Van Allen, yakni sabuk radiasi yang mengelilingi bumi.

Partikel-partikel yang bisa melewati medan magnet bumi menghasilkan cahaya terang benderang di sekitar kutub utara dan kutub selatan. Cahaya terang itu disebut aurora. Orang yang berada di daerah kutub dapat menyaksikan timbulnya bunga api listrik di atas kutub yang tampak sebagai pita berwarna merah, hijau, biru atau ungu. Terjadinya warna-warna itu karena partikel dari matahari bertabrakan dengan atom hidrogen dan atom nitrogen yang berada dilapisan atas atmosfer bumi. Pertikel dan sinar yang di timbulkan bunga api listrik dapat menghasilkan badai magnetik di bumi dan juga dapat mengganggu kompas, komunikasi, dan tranmisi tenaga listrik.

4. Lidah Api
Lidah api dari permukaan fotosfer kadang-kadang mengembang sangat terang dan tingginya dapat mencapai ribuan kilometer. Kegiatan yang terjadi di dalam kromosfer ini dikenal sebagai protuberans. Protuberans merupakan ledakan yang terjadi secara mendadak lalu segera lenyap. Bentuknya sangat bervariasi dan umumnya di pengaruhi oleh medan magnetik matahari.

Kromosfer juga dapat memperlihatkan pemancaran gas yang lebih kecil disebut spikula. Spikula terjadi karena gerakan cepat gas yang panas pada kromosfer. Gerakan gas dapat mencapai korona dan dapat berlangsung kira-kira 5 menjt. Gerakan gas ini tampak dalam kromosfer sebagai sel-sel kasar yang disebut supergranulasi.

Aktivitas terbesar pada permukaan matahari dinamakan prominensa, yaitu kemilau aliran hidrogen yang terpancar dari korona matahari. Prominesia, terbentuk bila gas berkondensi dalam korona, kemudian jatuh kembali ke permukaan matahari melalui kromosfer dan fotosfer. Prominensa dapat mencapai ketinggian ratusan ribu kilometer. Prominensa tampak dengan nyata pada saat gerhana matahari.

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
loading...
loading...

 
Design by NewWpThemes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com | BTheme.net