Wednesday, 22 February 2017

Masalah Yang Sering Muncul di Android dan Cara Mengatasinya



Masalah Yang Sering Muncul di Android dan Cara Mengatasinya

Smartphone merupakan perangkat yang tidak bisa lekang bagi sebagian orang dari kita. Selain bisa kita gunakan untuk telepon perangkat ini juga memegang peran penting dalam keseharian kita. Saling terhubungnya ke internet menjadikan ponsel jenis smarphone ini selalu menjadi unggulan dalam keseharian, dengan parformace android yang diusungnya selalu menjadikan ponsel pintar ini sebagai perangkat yang unggul dalam keseharian untuk dunia kerja atau sekedar bermain di sosial media. Bagi pemegang ponsel ini tentu tidak ingin mengalami masalah apa lagi sampai mati total maka disini kita akan membahas sedikit tentang "Masalah Yang Sering Muncul di Android dan Cara Mengatasinya" berikut kita paparkan beberapa cara mengatasinya berupa :

1. Baterai Cepat Habis
Ini merupakan keluhan pertama bagi setiap pengguna smartphone android dan masalah yang paling umum untuk setiap penggunanya. Jika kita menggunakan spesifikasi ponsel yang semakin tinggi maka parformace baterai semakin cepat terkuras apa lagi dengan kapasitas baterainya yang tergolong kecil tentunya sang pengguna harus membawa charger atau baterai external kemanapun. Tentu ini akan sangat merepotkan tetapi jika kita bisa dengan cara lainnya betapa tidak. Mungkin bisa kita bilang satu-satunya cara untuk membuat ponsel pintar kita semakin hemat dengan cara membatasi penggunaan ponsel jika memang tidak terlalu dibutuhkan saat bepergian. dan cara lainnya bisa kita lakukan dengan mengurangi pemakaian animasi, serta dapat juga turunkan kontras kecerahan layar hp serta matikan aplikasi yang tidak digunakan tutup semua aplikasi yang sedang berjalan dengan demikian maka baterai hp akan lebih hemat untuk beberapa saat kedepannya.

2. Hang dan Lamban
Masalah ini sering kita jumpai ketika penggunaan ponsel dalam rentan waktu yang lama. Maka dengan seiring bertambah file-file data yang tersimpan di android semakin banyak maka dapat menyebabkan store internalnya semakin penuh sehingga tidak dapat menampung data yang semakin hari semakin bertambah. Penuhnya tempat penyimpanan internal ini salah satunya penyembab android kita menjadi hang serta lamban. Maka untuk itu kita perlu mengatasinya dengan cara selalu membersihkan berkas yang tidak kita gunakan di android, ini bisa kita lakukan dengan melali file manager dan selalu membersihkan cache pada dari layanan android, memindahkan segala file-file dari internal ke external SD Card. Serta selalu menjaga kondisi android dalam keadaan labil agar tidak aplikasi berjalan dibekang layar. Untuk proses ini bisa kita lakukan melalui fitur yang tersedia diandroid yaitu manager file.

3. Masalah Koneksi
Jika tidak ada koneksi berarti bukan smartphone dunk.. hehehe. Tapi bukan itu !! Masalah koneksi ini juga tidak lekang dari ponsel pintar jenis android. Terkadang masalah ini sering muncul saat kita mencoba menghungkan ke Wi-Fi dan saat mencoba mengaksesnya ke internet dengan seluler data. Apa lagi jika jaringan yang kita gunkan tidak labil maka sudah tentu ini menjadikan kendala utama bagi setiap penggunanya.

Cara yang paling mudah kita gunakan untuk mengatasi masalah ini ialah dengan mencoba menghentikan akses jaringan keperangkat mobile. Jika menggunakan data seluler sebaiknya gunakanlah VPN yang tidak umum digunkan atau Default, biasanya saluran default tersebut terlalu sibuk sehingga menjadikan perangkat kita behenti sesaat karena tidak mendapatkan data jaringan. Selanjutnya jika belum teratasi juga dapat pula kita atasi dengan memberikan layanan Airplane (mode pesawat) untuk beberapa detik supaya membantu jaringan perangkat lebih stabil. Selain itu kita dapat melakukan refresh sistem yaitu dengan cara melakukan restart maka secara otomatis masalah koneksi akan tampil lebih maksimal.

4. Pesan Tidak Terkirim
Ini masalah yang sering saya alami sendiri karena tidak ada pulsa. Ponsel pintar ini tidak bisa mengirim pesan mungkin sebabnya bisa bervariasi. Yang perlu kita perhatikan terlebih dulu apakah jaringan seluler di tempat kita berada tersebut dalam keadaan yang baik. Selain itu kita perlu memperhatikan setting port nambernya sudah benar dalam pengaturan messagging nya. Hal yang demikian ini bisa kita atasi dengan menghapus data di pengaturan apl messaging kemudian mengaksesnya kembali. atau bisa saja kita melakukan restart.

5. Tidak Bisa Melakukan Sinkronisasi
Singkronisasi ialah suatu kelebihan tersendiri yang dimiliki oleh perangkat yang bernama smartphone ini. terkadang masalah ini sering muncul ketika kita mencoba menghubungkan mengsinkronisasi data android dengan layanan cloud sehingga tidak dapat terkoneksi. Maka anda sendiri jangan panik cara mengatasi masalah ini perlu di pastikan dulu koneksi internet anda labil. Yang perlu di perhatikan apakah email dan settingnya sudah benar, jika masih saja masalah ini muncul maka hapus dulu akun singkronisasi anda, kemudian masukan kembali data layanan cloud pada perangkat android anda. 

6. Aplikasi Berhenti
Terhentinya aplikasi android saat penggunaan sebuah aplikasi yang sedang kita jalankan merupakan masalah serius pada perangkat android. Biasanya ponsel android yang tidak mendapatkan pembaharuan system operasi androidnya selalu saja masalah ini rentan terjadi. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut dapat kita lakukan dengan cara selalu meng-update setiap mendapatkan pembaharuan dari aplikasi serta menjaga system operasi android milik kita selalu uptodate. Jika tidak maka not responding pada aplikasi selalu muncul, cara lain mungkin bisa kita lakukan dengan menutup aplikasinya dan membukannya kembali serta langkah lainnya dapat kita lakukan dengan menggunakan aplikasi beta atau dalam versi lite yang di khususkan bagi pengguna 2G.

7. Layar Tidak Responsif
Layar tidak responsif dapat disebabkan berbagai gejala yang terjadi mungkin saja ponsel pintar kejepit di suku belakang atau terjatuh dari atas meja. Jika layarnya tidak pecah mungkin ini bukan masalah yang serius di alami oleh android. Saat kita mencoba mengetuk layar maka display akan bergetar dengan sendirinya. Solusi masalah yang dapat kita lakukan ialah dengan melakukan restart dan tunggulah sampai ponsel nyala kembali. Jika masalah belum bisa teratasi dapat kita lakukan dengan pemeriksaan layar dengan menekan kode *#0*# di periksalah satu persatu dibagian display android anda.

8. Hapus Aplikasi
Memasukan aplikasi yang tidak di perlukan kedalam perangkat android kita mungkin menjadi kebiasaan karena penasaran. Kemudian setelahnya kita akan menghapusnya kembali. Tindakan yang demikian ini justru membawa efek yang beruk bagi android, Sebab setiap aplikasi yang masuk kedalam android tentu saja akan memakan ruang serta akan menyimpan system aplikasi tersebut kedalam perangkat tersebut walaupun hanya sedikit. Inilah penyembab utama yang cepat membuat smartphone android kita menjadi blank mode atau sering keluar pesan error saat kita meng install aplikasi lain yang kita perlukan nantinya. Metode cara mengatasi maslah tersebut haruslah kita selalu membersihkan directory pada android dengan mengahapus cache seperti yang disinggung diatas tadi. Ini bisa dilakukan langsunf dari system android atau menggunakan aplikasi tambahan seperti Master Cleaner atau sejenisnya. Selain dari itu selalu memeriksa file-file yang kiranya tidak di perlukan untuk segera di hapus.

9. SD Card 
Untuk SD Card sendiri pada android juga sering menjadi masalah yang rentan terjadi. Penyebabnya beragam, Mungkin saja memory card yang digunakan merupakan memory card bekas pakai dari ponsel yang sebelumnya atau bisa saja memory card yang sering di cabut dari perangkat android anda digunakan pada airpod mobil anda. Jika hal yang demikian sering dilakukan maka rentan sekali terjadi corrupted pada memory card perangkat android anda. Adapun masalah yang sering dilakukan tanpa disadari oleh pemiliknya ialah melakukan pencabutan memory card dan memasukannya ke komputer/laptop serta tidak melakukan reject saat mencabutnya kembali. Yang terjadi ialah saat SD card dimasukan pada perangkat android tidak terdeteksi. Cara mengatasi masalah ini dapat dilakukan sebaiknya dengan cara memformat ulang, terlebih dulu pindah data file-file berkas di dalamnya. Yang perlu ingat jika memang ingin mengambil data yang ada di SD Card android atau sekedar memutar musik sebaiknya gunakanlah kabel USB sebagai penghubung yang dijamin aman bagi memory card android anda.

10. Lakukan Fectory Reset
Ini merupakan solusi yang tidak disarankan jika tidak terjadi masalah yang serius pada android anda. Karena dengan melakukan fectory reset ini maka semua data yang terdapat pada perangkat android anda akan hilang dalam seketika dan jika salah melakukannya maka dapat membawa efek yang buruk dicerita anda hari ini karena salah pencet data foto, video dan file berkas lainnya juga ikut hilang yang terdapat di SD Card anda. Lakukanlah fectory reset ini jika kendala yang di hadapi android terlalu banyak, misalnya tidak responsif, not responding, di tambah lagi system yang sudah lambat terus virus sudah beranak cucu disana. Tapi yang perlu diingat jangan sembarangan melakukan ini. dan upayakan untuk selalu menyelamatkan data penting anda ke komputer.

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
loading...
loading...

 
Design by NewWpThemes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com | BTheme.net